Jadwal Ujian Mandiri Pasca Snmptn dan Sbmptn

Posted by Java Bloggers on Tuesday, August 18, 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengeluarkan ketentuan bahwa tidak ada lagi jalur ujian tulis, hanya satu jalur dalam SBMPTN dan jalur ujian mandiri yang dilaksanakan masing-masing PTN. Kemdikbud menjamin tak akan ada manipulasi pada pelaksanaannya. Sebab, masing-masing PTN akan berkoordinasi langsung dengan Kemdikbud terkait pelaksanaan ujian dalam seleksi mandiri.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Djoko Santoso, pernah mengatakan, bahwa pihaknya sudah memperingatkan rektor perguruan tinggi negeri yang berencana melakukan seleksi mandiri sebelum seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN tulis) atau Sbmptn. Rektor tidak bisa beralasan jadwal seleksi sudah terlanjur dibuat dan diumumkan.

Walaupun sudah ada yang mulai membuka pendaftaran sebelum Snmptn dan Sbmptn digelar. Menurutnya tidak apa-apa. Yang penting ujiannya nanti setelah Snmptn dan Sbmptn selesai.

Mahasiswa baru yang diterima melalui Snmptn dan Sbmptn sekitar 90 persen, sedangkan sisanya melalui jalur mandiri. Penerimaan mahasiswa berbeasiswa Bidik Misi dilakukan baik melalui jalur SNMPTN maupun jalur mandiri. Oleh karena itu, jalur pendaftaran mahasiswa beasiswa Bidik Misi bisa dilakukan bersamaan dengan SNMPTN, jalur undangan, dan jalur mandiri.

Terkait biaya kuliah mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur nasional dan mandiri direncanakan untuk tidak dibedakan. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk memberikan beasiswa operasional perguruan tinggi. Idealnya tidak ada lagi pembedaan biaya pendidikan yang lewat seleksi nasional dan mandiri.

Ada sementara pihak yang mengganggap jalur mandiri seperti swastanisasi di Kampus Negeri. Seperti yang pernah diungkapkan Sekretaris Jenderal Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Suyatno (Kompas Online) yang menilai, dibukanya jalur mandiri dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan bentuk swastanisasi di PTN yang mengarah pada komersialisme. Ia mengimbau agar PTN jangan terlalu memaksakan dan dapat mengukur kemampuannya dari segi kuota penerimaan.

Menurutnya, proses yang berlangsung dalam seleksi mahasiswa PTN melalui jalur mandiri sama halnya yang terjadi di kampus swasta sehingga berlomba-lomba mencari calon mahasiswa sebanyak-banyaknya. Selain itu, karena mahasiswa miskin berprestasi sudah ditampung di jalur Bidik Misi, maka PTN akan mengenakan biaya pendidikan yang tinggi dari jalur mandiri melalui mahasiswa kalangan atas.

Sebagai informasi bahwa Pemerintah akan menyiapkan dana sehingga biaya pendidikan tidak akan naik bagi mahasiswa kedua jalur tersebut. Seluruh PTN sudah menyepakati hal ini dan tidak akan ada kenaikan. Namun, pemerintah harus konsisten memberikan Bantuan Operasional PTN (BO PTN).

Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- um.ujiantulis.com
- sumber-sumber lainnya yang terpercaya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment